................................
Liputan00 | Admin : Sign in

Sritex sumbang 30% limbah sungai

Thursday, January 21, 2010

Share this history on :
Liputan00. Sukoharjo (Espos)17 Januari 2010 | 23:59 –Badan Lingkungan Hidup (BLH) mencatat perusahaan tekstil PT Sritex menyumbang 20% hingga 30% limbah cair di sungai.

Meski banyak sekali limbah cair PT Sritex yang masuk ke sungai, namun menurut BLH masih sesuai dengan baku mutu sungai. Hal itu diperkuat dengan hasil stasiun pemantau limbah milik BLH yang saat ini dipasang di bagian belakang PT Sritex tepatnya di pos tempat keluarnya limbah.

Kepala BLH, Eko Yulianto menerangkan, limbah cair PT Sritex yang dihasilkan per hari memang banyak. Dan kesemuanya itu setelah diolah oleh pabrik, akan masuk ke sejumlah sungai di Sukoharjo terutama Sungai Langsur karena lokasinya dekat dengan PT Sritex.

“Kami memperkirakan 20% hingga 30% limbah di sungai merupakan sumbangan PT Sritex. Tapi limbah yang masuk ke sungai itu berdasarkan pengamatan kami masih sesuai dengan standar sehingga tidak berbahaya,” jelas Eko ketika dijumpai wartawan, Sabtu (16/1).

Berdasarkan hasil kerja stasiun pemantau limbah di Sritex, Eko menjelaskan, limbah dari PT Sritex masih sesuai dengan standar. Sehingga apa yang dituduhkan masyarakat mengenai limbah PT Sritex yang membuat sungai sedemikian tercemar belum bisa dibuktikan.

Masih terkait limbah cair yang memenuhi sungai, disinggung mengenai asal 80% limbah yang lain menurut Eko, pihaknya tidak bisa menyimpulkan secara pasti. “Banyak hal yang membuat sungai tercemar, mulai dari kebiasaan membuang sampah di sungai atau kebiasaan warga buang air besar juga di sungai,” jelasnya.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment

Berita Popular