................................
Liputan00 | Admin : Sign in

Sejarah Kabupaten Sukoharjo

Saturday, July 17, 2010

Share this history on :
Kabupaten sukoharjoadalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya Sukoharjo, sekitar 10  km sebelah selatan kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan kota Surakarta di utara, Kabupaten Karanganyar di Timur, Kabupaten Wonogiri di Selatan dan Kabupaten Klaten di Barat.
Sejarah Singkat 
Pasca perang jawa (1825-1830) kompeni Belanda makin memperketat keamanan untuk mencegah terulangnya pemberontakan rakyat jawa. Kondisi masyarakat jawa semakin miskin mendorong terjadinya tindak kejahatan (pidana) di berbagai tempat. Menghadapi hal itu pemerintah kolonial menekan raja Surakarta dan Yogyakarta agar menerapkan hukum secara tegas. Salah satunya dengan membentuk lembaga hukum yang dilengkapi dengan berbagai pendukung.
Di Kasunanan Surakarta dibentuk Pradata Gedhe, yakni pengadilan kerajaan yang menjadi pusat penyelesaian semua perkara. Lembaga ini dipimpin oleh Raden Adipati (Patih) di bawah pengawasan Residen Surakarta. Dalam pelaksanaannya Pradata Gedhe mengalami kesulitan karena volume perkara yang sangat besar. Sunan Pakubuwono dan Residen Surakarta memandang perlu melimpahkan sebagian perkara kepada pemerintah daerah. Mereka sepakat membentuk pengadilan di tingkat kabupaten yang diberi nama Pradata Kabupaten.
Selengkapnya>>>
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment

Berita Popular