................................
Liputan00 | Admin : Sign in

Pendaki Lawu Diminta Waspada

Thursday, December 18, 2008

Share this history on :

KARANGANYAR - Para pendaki yang akan melakukan pendakian di kawasan Gunung Lawu diminta untuk meningkatkan waspada. Pasalnya, suhu di kawasan gunung tersebut sering mengalami perubahan yang sangat cepat dan mendadak.

Bahkan, dalam beberapa hari terakhir, suhu di puncak Lawu bisa mencapai dua derajat celcius.

"Meninggalnya salah satu mahasiswa UNS yang melakukan Diksar di Gunung Lawu, Rabu kemarin, dapat menjadi pelajaran berharga. Untuk itu, para pendaki yang akan melakukan pendakian harus memperhatikan berbagai faktor keselamatan," kata Kasi Kesiagaan dan Penanggulangan Bencana Kantor Kesbanglinmas Pemkab Karanganyar, Aji Pratama Herus Kristanto, Kamis (18/12/2008).

Dalam pemantauan yang dilakukan pihaknya, suhu kawasan puncak gunung Lawu sering kali mengalami perubahan yang cukup drastis. Meski pada awalnya suhu cukup normal, namun cuaca terkadang mendadak berubah secara ekstrim.

"Dalam pemantauan kami, suhu Gunung Lawu dalam beberapa hari terakhir bisa mencapai dua derajat celcius. Sehingga bagi pendaki yang tidak siap, hal itu dapat membahayakan keselamatan jiwanya," tuturnya.

Selain itu, Aji mengatakan berdasarkan informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), curah hujan di wilayah Karanganyar diprediksi juga akan mengalami peningkatan. (Ary Wahyu Wibowo/Sindo/lsi)


Sumber* http://www.okezone.com
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment

Berita Popular